News

Cara menurunkan demam dengan cepat di rumah, aman dan efektif

Demam adalah peningkatan suhu tubuh, biasanya disebabkan oleh infeksi parasit atau virus. Reaksi demam umumnya tidak berbahaya dan merupakan indikasi bahwa sistem kekebalan melawan patogen. Demam biasanya tidak membutuhkan pengobatan. Namun kondisi ini membuat penderita merasa sangat tidak nyaman, lelah dan ingin segera menurunkan demamnya. Sesuai yang dikutip di SehatQ berikut penjelasannya:

1. Kapan menurunkan demam dengan cepat?

Suhu tubuh manusia adalah 37oC. Namun, dalam praktiknya, suhu normal dapat berkisar dari 36,1 derajat C hingga 37,2 derajat C atau lebih. Dengan demikian, perubahan suhu tubuh bergantung pada tingkat aktivitas dan waktu pengukuran. Biasanya, lansia memiliki suhu tubuh yang lebih rendah dari pada yang berusia muda.

Tanda-tanda pengukuran suhu tubuh yang menunjukkan perlunya menemukan cara untuk segera menurunkan demam antara lain:

  • Suhu di rektum, telinga, atau pelipis adalah 38 derajat C atau lebih tinggi;
  • Suhu mulut 37,8 derajat C atau lebih tinggi;
  • Suhu di ketiak dari 37,2 derajat C atau lebih.

Saat orang dewasa atau anak – anak mengalami demam , tujuan utama menurunkan demam dengan cepat di rumah adalah untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan pasien dapat beristirahat. Pengobatan demam dapat memperbaiki gejala tetapi tidak memperpendek atau memperpanjang durasi penyakit. Kenaikan suhu tubuh dalam jangka pendek dapat membantu tubuh melawan penyakit. Namun, demam yang parah bisa menjadi gejala dari kondisi serius yang membutuhkan perhatian medis segera.

2. Instruksi cepat tentang cara menurunkan demam

Tips berikut adalah cara efektif menurunkan demam di rumah :

  • Minum banyak air putih, Anda bisa menggunakan larutan oresol atau jus untuk menghindari dehidrasi
  • Kenakan pakaian longgar, ringan, dan nyaman
  • Tutupi selimut jika terasa menggigil, sampai gejala hilang
  • Jangan berikan aspirin kepada anak-anak
  • Obat pereda nyeri tidak boleh diberikan kepada anak sampai diperiksa dan didiagnosis oleh dokter.

Demam pada orang dewasa di atas 65 tahun biasanya tidak memerlukan rejimen pengobatan khusus. Namun, pasien lanjut usia harus tetap mewaspadai gejala seperti sesak napas atau pusing. Jika Anda mengalami gejala seperti itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

3. Beberapa instruksi lainnya

Dalam kasus demam yang disertai dengan sistem kekebalan yang melemah (penderita HIV , kanker atau penyakit autoimun lainnya), pasien perlu pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan yang tepat.

Demam biasanya merupakan tanda infeksi. Kadang-kadang, infeksi berubah menjadi bentuk yang berbahaya dengan sangat cepat dan sulit diobati. Oleh karena itu, terutama untuk pasien demam dengan sistem kekebalan yang lemah, dukungan dan perawatan medis sangat penting dan harus dimulai sejak dini.

4. Kesalahan menurunkan demam dengan cepat di rumah

4.1. Gabungkan obat-obatan

Saat tidak mengidentifikasi penyebab demam, Anda sebaiknya tidak sembarangan menggabungkan banyak obat menjadi satu dan melihatnya sebagai cara untuk segera menurunkan demam . Penggunaan parasetamol yang dikombinasikan dengan ibuprofen sangat dilarang jika terjadi demam berdarah . Selain itu, menggabungkan 2 atau lebih obat antipiretik secara bersamaan memiliki risiko overdosis obat dan efek samping yang serius, terutama tukak lambung.

Bagi anak, orang tua tidak boleh sembarangan mengkombinasikan obat penurun demam dengan cepat untuk anaknya. Bahan aktif ibuprofen, meskipun memiliki efek antipiretik, bukanlah kelompok obat yang disukai untuk anak-anak. Kombinasi obat yang sewenang-wenang dapat menimbulkan akibat yang berbahaya, terutama bagi anak-anak yang demam akibat infeksi. Anak-anak sangat mudah terserang demam berdarah saat cuaca panas. Sedangkan obat antipiretik konvensional tidak akan bekerja pada penderita DBD , ada pula yang dikontraindikasikan karena risiko perdarahan yang serius.

4.2. Mandi air hangat, gunakan waslap hangat, atau kompres dingin

Kompres hangat adalah cara yang banyak digunakan orang tua untuk menurunkan demam dengan cepat. Meskipun tindakan ini diyakini oleh para ibu sebagai cara cepat untuk menurunkan demam bagi bayinya, pada kenyataannya, metode fisik hampir tidak berpengaruh pada penurunan demam . Pilihan lain seperti mandi air hangat, tisu alkohol medis, dan dingin kompres yang tidak dianjurkan untuk anak-anak. merasa nyaman, merasa lebih nyaman dalam pikiran, menghindari panik, kecemasan yang berlebihan. Jika anak mengalami demam lebih dari 3 hari, dan jika obat penurun demam tidak berhasil, mengalami infeksi atau alergi terhadap obat tersebut, ia harus dibawa ke rumah sakit.. Jika suhu terukur di atas 40oC, demam harus segera dibawa ke rumah sakit dan segera dibawa. Secara khusus, penderita hepatitis , penyakit kuning akibat obstruksi bilier tidak diperbolehkan minum obat di rumah tanpa bimbingan dokter. Bagaimanapun, jika Anda merasa tidak yakin tentang penyebab demam dan merasa tidak nyaman, lelah, Anda harus menemui dokter Anda untuk diagnosis dan mencari cara untuk mengurangi demam secara efektif .

Agar dikonsultasikan lebih cermat dan diperiksa oleh spesialis berpengalaman, pelanggan dapat memesan jadwal langsung di situs web untuk layanan terbaik. Untuk informasi kesehatan yang lainnya anda bisa mengunjungi artikel kesehatan di SehatQ.