Panel listrik adalah suatu benda berbentuk kubus dengan berbagai ukuran ataupun bervariasi dengan sebelah sisi dibuat lubang selebar hampir sama dengan belakangnya, dan nantinya di baut penutup seperti daun pintu agar bisa dibuka dan ditutup, dan didalam panel tersebut terdapat papan yang dikaitkan dengan sisi belakang pintu di pakai baut yang nantinya papan tersebut dapat dilepas dan dipasang kembali. Panel kontrol listrik adalah peralatan yang berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan beban listrik di bengkel listrik atau industri yang mengunakan motor listrik sebagai penggeraknya.

Panel listrik memiliki berbagai macam jenis dan type. Panel listrik berdasarkan bahannya terdapat dua yaitu panel listrik box besi dan panel listrik box plastik. Panel listrik berdasarkan jenis tipenya ada tiga yaitu, tipe panel listrik wall mounting, tipe panel listrik free standing, tipe panel listrik switch gear atau panel tegangan menengah. Berdasarkan jenis penggunaannya terdapat tiga jenis, yaitu pertama jenis panel MVMDP (Medium Voltage Main Distribution Panel), yang kedua jenis panel  Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) / Panel Utama Tegangan Rendah, dan yang ketiga adalah jenis panel Panel LVSDP (Low Voltage Sub Distribution Panel).

Containerized-genset-di-Lombok-e1505794290468



Jika ingin melakukan perawatan panel dapat memperhatikan beberapa hal dibawah ini, yaitu :

1. Perawatan dari kotoran, debu dan serangga 1 bulan sekali karena debu kotoran atau sampah dari logam maupun serangga dapat mengakibatkan konsleting.
2. Jagalah selalu kondisi dari suhu yang lembab, karena lembab yang diakibatkan air, minyak maupun oli juga bisa mengakibatkan karat dari kontak listrik dan mengurangi kinerja komponen listrik intinya selalu kondisikan panel dalam kondisi kering 1 bulan dilakukan.
3. Perawatan kontaktor di lakukan 6 bulan sekali karena kontak-kontak yang terdapat di dalam kontaktor akan mengalami pengikisan akibat disaat kerja terjadi gesekan ataupun loncatan arus harus diampals supaya rata lagi bersih gunakan selalu kontak cleaner.
4. Perawatan kekencangan baud kontak dilakukan 6 bulan sekali. Kontak baud yang dialiri listrik disini akan timbul panas dan mengalami pemuaian bisa jadi tidak kencang dan apabila sudah tidak kencang dan mengurangi kinerja kontak bisa berakibat lelehnya komponen akibat panas.
5. Apabila terjadi penambahan jaringan selalu usahakan aspek kerapian dan aman.

Panel listrik perlu dilakukan perawatan secara rutin dan berkala agar fungsinya selalu bekerja dengan baik. Untuk perawatan panel listrik dapat menggunakan jasa yang telah banyak tersedia. Selalu pergunakan jasa perawatan panel yang telah berpengalaman dan kompeten di sewatama.

sakura

Archives

Partner Links